Saturday, October 5, 2019

Ilmu Sosial Dasar

   
   Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu yang mempelajari berbagai masalah-masalah sosial didalam kehidupan sehari-hari. Ilmu Sosial Dasar awal mulanya berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial, seperti :  sejarah, ekonomi, geografi, sosial, sosiologi, antropologi, psikologi sosial. Tetapi secara umum Ilmu Sosial Dasar dapat dikatakan ilmu sosial dan budaya dasar merupakan pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah sosial manusia dan kebudayaan. Istilah ISBD dikembangkan pertama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “the Humanities”.

   Tujuan umum diselenggarakannya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar ialah pembentukan dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya, khususnya gejala berkenaan dengan masyarakat dengan orang lain, agar daya tanggap, presepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan social dapat dipertajam. Dan adapun tujuan khusus dari Ilmu Sosial Dasar, yaitu :
  1. Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-maslah sosial yang ada dalam masyarakat.
  2. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
  3. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya (mempelajarinya).
  4. Memahami jalan pikiran para ahli dalalm bidang ilmu pengetahuan lalin dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalalm rangka penanggulangan maslah sosial yang timbul dalam masyarakat.
   Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu bahan kajian yang terpadu yang merupakan penyederhanaan, adaptasi, seleksi dan modifikasi yang diorganisasikan dari konsep-konsep dan keterampilan-keterampilan sejarah, geografi, sosiologi, antropologi, dan ekonomi. Dan tujuan dari Ilmu Pengetahuan Sosial ini adalah sebagai berikut :
  1. Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat.
  2. Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu yang tinggi, memecahkan masalah.
  3. Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.
  4. Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi, bekerja sama dan berkompetisi dalam masyarakat majemuk.
   Dari penjelasan diatas kita sudah belajar banyak mengenai pengertian ilmu sosial dasar dan ilmu pengetahuan sosial beserta tujuan-tujuan nya. Yuk sekarang kita belajar lagi mengenai kelompok-kelompok yang ada didalam ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan terbagi menjadi 3 yaitu:
  1. Ilmu Alamiah (Natural Science)
    Ilmu alamiah bertujuan untuk mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat di alam semesta.
  2. Ilmu Sosial (Social Science)
    Ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan didalam kehidupan manusia.
  3. Ilmu Pengetahuan Budaya
    Ilmu pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami arti dari kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi.
   Daritadi kita sibuk belajar mengenai mengenai pengertian, tujuan dari ilmu sosial dasar dan ilmu pengetahuan sosial. Hampir saja kita melupakan persamaan dan perbedaan dari kedua ilmu tersebut😀. Yuk sekarang kita bahas mengenai persamaan dan perbedaan dari kedua ilmu tersebut. Kita bahas persamaan nya terlebih dahulu yaa. Yang pertama, kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan. Yang kedua, keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan pengetahuan sosial. Dan sekarang kita pindah ke Perbedaan dari kedua ilmu tersebut. Yang pertama ilmu sosial dasar diberikan pada saat perguruan tinggi sedangkan ilmu pengetahuan sosial diberikan pada saat sekolah dasar atau sekolah lanjutan. Yang kedua, ilmu sosial dasar diarahkan untuk pembentukan sikap dan kepribadian sedangkan ilmu pengetahuan sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.

   Sekarang kita akan membahas mengenai ruang lingkup ilmu sosial dasar. Yuk mari disimak. Ilmu sosial dasar mencakup masalah-masalah sosial yang timbul didalam sebuah masyarakat. Untuk menelaah masalah-masalah sosial tersebut hendaknya terlebih dahulu dapat mengidentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tersebut. Sehingga ilmu sosial dasar dapat dibedakan atas tiga golongan beasar yaitu :
  1. Kenyataan-kenyataan sosial yang ada didalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
  2. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas pada ilmu sosial.
  3. Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan satu sama lain.
   Ilmu sosial dasar terdiri dari 8 (delapan) pokok pembahasan. Dari kedelapan pokok pembahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
  1. Berbagai masalah kependudukan dalam hubunganya dengan pengembangan masyarakat dan kebudayaan.
  2. Masalah Individu, keluarga dan masyarakat.
  3. Masalah pemuda dan sosialisasi.
  4. Masalah hubungan antara Warga Negara dan Negara.
  5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
  6. Masalah masyarakat perkotaan dan masalah pedesaan.
  7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
  8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan keserjahteraan masyarakat.

 Demikianlah pembahasan mengenai pengertian, tujuan, ruang lingkup dari ilmu pengetahuan sosial dasar dan ilmu pengetahuan sosial dari saya. Saya harap apa yang saya tulis dapat menambah wawasan anda sekalian😃. Akhir kata dari saya Wassalamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakaatuh.

Credit : 


EmoticonEmoticon