Facebook Analytics atau yang disebut juga sebagai Facebook Insights adalah sebuah tool yang disediakan oleh Facebook untuk melacak performa konten yang kamu post di platform tersebut. Biasanya, tool ini digunakan oleh para digital marketer untuk mengetahui seberapa efektif kegiatan yang dilakukan akun bisnisnya selama ini di platform tersebut. Tool ini bisa dibilang mirip dengan Google Analytics, tapi khusus untuk Facebook. Pasalnya, di Facebook Insights, kita bisa mendapatkan informasi tentang engagement yang telah didapatkan 28 hari ke belakang. Selain itu, kita juga bisa membandingkan engagement yang diperoleh bulan ini dengan bulan sebelumnya untuk mengetahui apakah ada perkembangan atau justru kemunduran.
Keunggulan Facebook Insights
1. Menghewat waktu
2. Fokus pada konten
3.Visualisasi data yang menarik
4. Mempermudah memahami audiens
Google Analytics adalah perangkat lunak (software)
berbasiskan web yang digunakan untuk menganalisis kinerja website: melacak,
melihat umur, dan mengetahui jumlah pengunjung. Tidak hanya itu, masih banyak
lagi fitur Google Analytics yang bisa Anda manfaatkan.
Manfaat Google Analytics
Google Analytics membantu memvisualisasikan berbagai
data, mengaksesnya, dan mengatur sesuai dengan kebutuhan bisnis. Visualisasi
akan membuat penggambaran data menjadi lebih terlihat. Tentu ini akan
memudahkan di dalam membaca/menganalisis bagian yang bisa dan masih perlu
dikembangkan.
EmoticonEmoticon