Monday, May 10, 2021

Perbandingan antara Google Analytics dengan Facebook Insights

     Facebook Analytics atau yang disebut juga sebagai Facebook Insights adalah sebuah tool yang disediakan oleh Facebook untuk melacak performa konten yang kamu post di platform tersebut. Biasanya, tool ini digunakan oleh para digital marketer untuk mengetahui seberapa efektif kegiatan yang dilakukan akun bisnisnya selama ini di platform tersebut. Tool ini bisa dibilang mirip dengan Google Analytics, tapi khusus untuk Facebook. Pasalnya, di Facebook Insights, kita bisa mendapatkan informasi tentang engagement yang telah didapatkan 28 hari ke belakang. Selain itu, kita juga bisa membandingkan engagement yang diperoleh bulan ini dengan bulan sebelumnya untuk mengetahui apakah ada perkembangan atau justru kemunduran. 

Keunggulan Facebook Insights

1. Menghewat waktu

2. Fokus pada konten

3.Visualisasi data yang menarik

4. Mempermudah memahami audiens


Google Analytics adalah perangkat lunak (software) berbasiskan web yang digunakan untuk menganalisis kinerja website: melacak, melihat umur, dan mengetahui jumlah pengunjung. Tidak hanya itu, masih banyak lagi fitur Google Analytics yang bisa Anda manfaatkan. Analisis yang dilakukan di Google Analytics dapat dijadikan sebagai bahan untuk merencanakan serta membuat konten yang lebih baik untuk pelanggan (customers). Jadi Google Analytics bisa menjadi pintu untuk Anda mengembangkan situs web yang lebih menarik dan menjawab kebutuhan pasar.

Manfaat Google Analytics

Google Analytics membantu memvisualisasikan berbagai data, mengaksesnya, dan mengatur sesuai dengan kebutuhan bisnis. Visualisasi akan membuat penggambaran data menjadi lebih terlihat. Tentu ini akan memudahkan di dalam membaca/menganalisis bagian yang bisa dan masih perlu dikembangkan.


EmoticonEmoticon