Monday, March 29, 2021

WEB Part 2

 Kenapa suatu web membutuhkan regulasi?

Suatu web membutuhkan regulasi agar tidak terus menerus terjadi kebocoran data dan jika web tidak digunakan secara positif, justru akan mendorong perilaku negatif. Apalagi, dengan karakter web yang tanpa batas yang membuat orang tersambung kemana-mana, tetapi tetap meninggalkan jejak. Hal yang bersifat privat pun akan menjadi konsumsi publik jika sudah diunggah di web.


- Hukum privasi hak cipta di Indonesia

Menurut saya, siapapun yang memiliki apapun yang dianggap kekayaan intelektual dilindungi oleh UU no 28 tahun 2014, hak cipta didefinisikan sebagai hak ekslusif pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undagan. Bisa disimpulkan, maka siapapun yang mendeklarasikan suatu karya sebagai ciptaannya, maka ia yang memilikihak cipta karya tersebut.


- Apakah kamu merasa privasi kamu di internet terlanggar?

Mengenai data pribadi saya di internet saya merasa data saya tidak pernah terlanggar dan tidak terlalu khawatir karena saya bukanlah seorang public figure yang dimana data dari sebuah public figure sangat membutuhkan privasi. Namun saya juga perlu lebih mengawasi data ATM saya, karena mengenai ATM itu sangat krudensial dan perlu dijaga privasnya.


- Bagaimana kita melindungi privasi diranah online

Supaya privasi kita dapat tersimpan secara aman di online, kita memperlukan sebuah password yang kuat, aktivasi otentikasi dua faktor, simpan email dan nomor ponsel utama tetap pribadi, menggunakan aplikasi pesan dengan enkripsi end-to-end, dan bila perlu menggunakan VPN agar lokasi kita tidak diketahui oleh orang lain.


- Sebutkan web content management

CMS ada 8 jenis yaitu

1. CMS Wordpress untuk kegiatan blogging.

2.CMS Joomla untuk membuat website.

3. CMS Drupal untuk mempermudah membangun halaman website.

4. Aura CMS untuk membuat website pribadi.

5. CMS Opencart untuk membuat sebuah toko online.

 6. CMS Prestashop yang hampir sama seperti opencart yaitu untuk membuat toko online dengan mudah.

7. CMS Moodle untuk membuat aplikasi e-learning.

8. CMS vBulletin untuk membuat forum diskusi msialnya kaskus.


EmoticonEmoticon